Budidaya Tanaman Lidah Buaya

Budidaya Tanaman Lidah Buaya telah dilakukan semenjak beberapa tahun yang lalu di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memenuhi pasar ekspor terutama ke negara Jepang. Jepang adalah negara pengguna lidah buaya terbesar di dunia, kebutuhan akan lidah buaya segar mencapai 20 kontainer (300 ton/bulan). Kebutuhan ini dipasok oleh Brazil dan Thailand.

Melihat kebutuhan pasar ekspor yang besar tersebut, maka budidaya lidah buaya merupakan usaha bisnis yang menggiurkan. Selain itu, Indonesia saat ini masih mengimpor hasil dari olahan lidah buaya seperti sabun, sampoe, powder dan olahan lainnya.

Budidaya lidah buaya tidaklah sesulit yang kita bayangkan, hal ini dikarenakan linkungan tumbuh dari tanaman lidah buaya sangat cocok untuk dikembangkan di daerah tropis seperti Indonesia. Ada tiga jenis tanaman lidah buaya yang memiliki nilai komersial yang tinggi: antara lain Aloe barbandensis dari Amerika, Aloe ferox dari Afrika dan Aloe sinensis dari Asia (Cina). Aloe barbandensis adalah yang terbaik untuk dibudidayakan karena lebih tahan terhadap hama dan penyakit, ukurannya jauh lebih besar dibanding jenis lainnya

Diagram Alur Budidaya Tanaman Lidah Buaya

Cara Budidaya Tanaman Lidah Buaya

Sebelum melakukan budidaya tanaman lidah buaya dilakukan penyiapan lahan untuk budidaya. Lahan disiapkan dalam keadaan telah dibajak dan di gemburkan terlebih dahulu kemudian di buat saluran drinase dan bedengan. Bendengan dibuat dengan ukuran 1 x 2 meter dan tinggi 30-40 cm dan panjang di sesuaikan dengan kondisi lahan.

Budidaya tanaman lidah buaya dimulai dengan melakukan pembibitan terlebih dahulu, pembibitan dilakukan cara vegetatif, bibit diambil dari tanaman induk berupa anakan dengan jalan dicongkel dan diusahakan agar akarnya tidak putus. Anakan yang telah di dapatkan ditanam dalam polibag. Lama pembibitan adalah 3-5 bulan.

Setelah masa pembibitan barulah bisa ditanam diareal pembudidayaan. Bibit tanaman lidah buaya ditanam dalam lubang dengan kedalaman kurang lebih 10 cm. Pada waktu penamanan diusahakan agar tanaman lidah buaya tidak berhimpitan dandaun tidak patah.

Pemeliharaan tanaman lidah buaya dilakukan dengan cara memasukan pupuk kandang yang sudah matang sebanyak 2-5 kg pada waktu 1-2 minggu sebelum ditanam. Kemudian setelah pasca tanam dapat diberikan pupuk Urea dan Furadan

Lidah buaya sudah dapat dipanen pada umur 12-8 bulan setelah tanam. Panen berikutnya dilakukan setiap bulan. Pasca panen, pelepah lidah buaya di bawa ke tempat penyortiran. Setelah di sortir kemudian dibungkus dan selanjutnya dibawa ke tempat pemerosesan lebih lanjut.

About these ads

August 12, 2008. Tags: , . Budidaya Tanaman Berkhasiat Obat.

14 Comments

  1. Khasiat Lidah Buaya (Aloe Vera) « Tanaman Berkhasiat Obat replied:

    [...] Tanaman berkhasiat obat ini dapat di budidayakan dengan sangat mudah. Baca Budidaya Tanaman Lidah Buaya [...]

  2. Tanaman Obat Lidah Buaya (Aloe Vera) | Tanaman Berkhasiat Obat replied:

    [...] Tanaman berkhasiat obat ini dapat di budidayakan dengan sangat mudah. Baca Budidaya Tanaman Lidah Buaya [...]

  3. ardifan replied:

    makasih pak…….

    • arsyadchair replied:

      terima kasih sudah berkunjung

  4. emirgarden replied:

    Artikel yang bagus, mohon ijin share untuk blog kami, http://www.emirgarden.com. Salam kenal untuk penggemar tanaman hias di Indonesia

  5. tati replied:

    saya sangat tertarik dengan budidaya lidah buaya, mohon info lebih lanjut

  6. Hartono Suriya replied:

    Saya tertarik untuk menanam lidah buaya, selain cara menanamnya, saya juga ingin tahu potensi pemasarannya dan cara memasarkannya. TQ

    Hartono

  7. nengah suastra replied:

    saya sangat tertarik berbudidaya lidah buaya..
    kl boleh tahu, bagaimana cara pemasarannya

  8. Sukono Sunoto replied:

    Saya tertarik bertani lidah buaya, mohon info : Media untuk pembibitan dlm poliback… Jenis tanah(lahan) yg baik unk lidah buaya…. Pemasaran hasil panen…. Trimks

  9. ali replied:

    Jadi tertarik untuk coba-coba tanam dipekarangan rumah nih,terimakasih ilmunya.

  10. rera replied:

    terimakasih untuk informasi yang diberikan?
    apakah bisa ditanam didalam pot dengan media tanam jeli?

  11. iswanto replied:

    info ini sangat menarik.boleh kasih info mengenai cara tanam n di tanah yang bagaimana?dimana bisa aku dapatkan bibit lidah buaya yang berkualitas?n bagaimana memasarkannya?

  12. hendriyas replied:

    Info yang kami tangkap tidak semua lidah buaya bisa dikonsumsi. yang jenis apa yang bisa dimakan pak, terus ciridan gambarnya seperti apa?
    terima kasih

  13. grace replied:

    wah!!!bagus..inspirasi saya buat biQnn usaha lidah buaya khusus rambut,,hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback URI

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: